Categories
Resep

3 Manfaat Kapur Siri yang Jarang Diketahui

Manfaat Kapur Sirih – Pernahkah anda tahu, apa bentuk kapur sirih itu? Karena jika anda belum tahu dan cara membedakannya. Anda akan bingung sendiri dalam membedakan kapur sirih dengan kapur tulis, atau kapur sirih anda kira sebagai bagian dari sirih.

Jika anda sering mengamati nenek-nenek di desa atau di pasar tradisional yang sering mengunyah sirih. Nah, biasanya mereka mengunyah sirih dicampurkan dengan kapur sirih sedikit untuk memberikan variasi dalam mengunyah.

Selain itu biasanya kapur sirih sering digunakan untuk memasak kentang penganten yang seringkali dihidangkan di acara pernikahan di jasa wedding organizer Jakarta.

Dan terntaya mengunyah sirih dengan campuran kapur sirih sebenarnya adalah cara tradisional lama dalam menjaga gigi dari bakteri. Mengunyah ini menjadi bagian dari masyarakat desa dan sampai sekarang masih dipraktekkan. Jadi jangan berpikir mereka yang mengunyah sirih dan kapur sirih untuk dimakan ya.

Seperti Apakah Bentuk Kapur Sirih?

Bagi anda yang belum pernah melihat bentuk kapur sirih. Kapur sirih sendiri berbentuk padat, mirip seperti batu gamping dalam pembuatan semen. Tetapi jika batu gamping bewarna putih kekuningan. Kapur sirih berwarna putih seperti kertas atau kapur tulis di sekolah-sekolah. Kapur sirih banyak dijual bebas di pasar tradisional, dan bahkan malah ada yang menjualnya secara online.

Selain berbentuk padat dan mirip seperti batu gamping. Kapur sirih juga banyak dijumpai dalam bentuk butiran halus seperti pasir, garam atau bulatan besar seperti gula pasir. Apapun bentuknya, kapur sirih dapat dibeli dengan mudah di berbagai tempat dan anda bisa memesannya melalui pemesanan online.

Terbuat Dari Apakah Kapur Sirih?

Lalu terbuat dari apakah kapur sirih itu? Ternyata kapur sirih terbuat dari cangkang kerang yang telah dihancurkan. Sehingga berbentuk seperti butiran pasir halus. Kadang dari butiran ini kemudian dipadatkan agar mudah dipack dalam kemasan. Nah, kapur sirih dari cangkang kerang ini ternyata memiliki manfaat untuk masakan kita.

3 Manfaat Kapur Siri yang Jarang Diketahui

Tentu saja bukan langsung ditaburkan. Tetapi dibuat larutan dari kapur sirih. Dan larutan inilah yang digunakan untuk proses masak memasak di dapur kita. Berikut manfaat kapur sirih bagi proses memasak di dapur:

1. Membuat keripik yang anda goreng semakin garing dan renyah

Caranya mudah iris tipis-tipis bahan yang akan dijadikan keripik. Kemudian bersihkan menggunakan air bersih. Encerkan larutan kapur sirih, tunggu sampai mengendap kapur sirihnya.

Ambil air larutan yang bagian atas yang masih bening ke dalam sebuah wadah. Kemudian rendam irisan bahan keripik tadi ke dalam cairan bening hasil larutan kapur sirih selama satu jam. Kemudian tiriskan lalu bisa anda goreng. Keripik yang direndam dengan larutan kapur sirih akan jauh lebih renyah dan kriuk dibandingkan yang tidak direndam larutan kapur sirih.

2. Membuat manisan buah dan coktail menjadi lebih padat dan berisi

Pernahkan anda membuat manisan buah atau coktail, tetapi hasil irisan buahnya layu dan encer kemana-mana. Sehingga manisannya terkesan tidak cantik. Nah, dengan menggunakan larutan kapur sirih. Anda bisa membuat manisa yang jauh lebih pantas.

Caranya mudah, irisan buah-buahan yang akan dijadikan bahan manisan dan coktail bisa anda rendam dahulu dengan larutan kapur sirih selama satu jam. Kemudian ditiriskan dan baru kemudian dijadikan manisan atau coktail. Nah, bahan manisan atau coctail yang direndam kapur sirih bisa terlihat lebih padat dan berisi.

3. Membuat lontong dan ketupat menjadi lebih kenyal dan padat

Manfaat kapur sirih selanjutnya adalah bisa membuat lontong dan ketupat menjadi lebih kenyal dan padat. Sebelum memasak beras bahan calon lontong dan ketupat.

Anda bisa menambahkan sedikit campuran larutan kapur sirih ke dalam beras. Kemudian diamkan selama 1 jam sebelum beras dibungkus untuk dijadikan ketupat atau lontong sayur. Beras yang telah diberikan campuran sedikit larutan kapur sirih bisa bertesktur kenyal dan padat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *