Categories
News

5 Penyebab Utama Mengapa Muncul Flek Coklat Sebelum Haid

Bagi sebagian kaum hawa, haid atau menstruasi, atau dalam bahasa modern disebut PMS (pre-menstrual syndrom) merupakan fase hidup yang terkadang merepotkan. Apalagi jika haid atau menstruasi dibarengi berbagai masalah yang anda sendiri tidak mengetahuinya.

Sehingga kaum wanita sibuk menerka-nerka kesana kemari tidak jelas. Belum lagi, adanya haid atau menstruasi ikut mengubah mood diri yang tiba-tiba bergejolak tak tentu arah.

Baca Juga: 3 Manfaat Kapur Sirih

Marah-marah tak jelas, uring-uringan dan bahkan malas bergerak. Perubahan mood ini bisa jadi bukan hanya masalah haid. Tetapi bisa juga disebabkan tekanan kerja, stress dan bahkan memicu menstruasi tidak normal di kemudian hari.

Beberapa perempuan bahkan mengeluh munculnya haid atau menstruasi selalu dibarengi dengan munculnya flek coklat. Anda mungkin bertanya-tanya mengapa bisa muncul flek coklat ketika menjelang menstruasi, atau ketika siklus rutinan menstruasi berjalan.

5 Penyebab Utama Mengapa Muncul Flek Coklat Sebelum Haid

Dan perlu anda ketahui bahwa kemunculan flek coklat ini bisa disebabkan beberapa hal, diantara adalah sebagai berikut:

1.Efek samping alat kontrasepsi.

Penggunaan alat kontrasepsi seperti pil KB, IUD atau KB spiral berpotensi menimbulkan flek coklat dan bahkan pendarahan. Jika anda sudah berulangkali mengalami flek coklat karena alat kontrasepsi. Cobalah berkonsultasi dengan bidan atau dokter sesegera mungkin. Tetapi jika ternyata anda tidak menggunaka alat kontrasepsi, bisa disebabkan faktor lain.

2.Infeksi pada organ kewanitaan

Munculnya infeksi karena penyakit menular seksual, infeksi jamur, hingga kanker serviks. Bisa juga dibarengi dengan flek coklat disertai rasa gatal dan nyeri pada organ kewanitaan. Anda bisa menerka-nerka apakah infeksi terjadi karean pola perilaku seksual anda, atau kebersihan celana dalam anda yang tidak terjaga. Selain itu, cobalah memeriksakan diri jika ada indikasi kemunculan kanker serviks pada organ kewanitaan atau rahim. Karena kanker serviks tidak bisa dideteksi hanya dengan melihat kemunculan flek coklat saja. Perlu pemeriksaan lanjutan dari dokter jika anda terus menerus mengalami flek coklat tanpa henti.

3.Peri-menopause atau menopause

Merupakan fase transisi seorang perempuan dari usia subur produktif memproduksi sel telur menjadi fase tidak lagi mengalami ovulasi. Usia menopause biasanya terentang antara umur 40-an. Mereka yang memasuki usia ini biasanya mengalami flek coklat. Bagi anda yang merasa sudah memasuki usia menopause 40 tahun ke atas. Anda bisa identifikasi diri dengan membandingkan dengan proses flek-flek sebelumnya.

4.Kehamilan

Flek coklat juga bisa menjadi pertanda anda mulai hamil. Biasanya flek mulai keluar di usia kehamilan 2 minggu ke atas sampai 4 minggu. Namun anda perlu perhatikan jika flek coklat disertai dengan pendarahan bisa jadi terjadi keguguran pada janin yang anda kandung. Coba konsultasikan dengan dokter ahli kandungan. Pendarahan yang terjadi yang bersamaan dengan munculnya flek coklat patut diwaspadai. Karena bisa jadi ada kendala medis yang memerlukan tindakan medis secepatnya.

5.Stress mental dan tubuh

Stress yang terus menerus menghinggapi anda. Apalagi beban pekerjaan yang menumpuk. Banyak masalah dan bahkan jarang refreshing. Maka tubuh akan merespon dengan mengeluarkan flek coklat sebelum proses haid dimulai.

Penyebab-penyebab yang telah disampaikan ini mengindikasikan bahwa flek coklat adalah gejala normal. Dengan artian bagi kaum hawa jika menemukan flek coklat anda bisa mengidentifikasi diri dengan 5 penyebab utama ini. Dari identifikasi paling ringan karena masalah stress hingga identifikasi berat karena kehamilan atau keguguran. Flek coklat biasanya muncul di akhir atau di pertengahan siklus rutinan menstruasi anda. Pada banyak kasus yang pernah ditemui, flek coklat merupakan hal yang wajar jika terjadi tidak terlalu sering. Namun, jika anda mendapati diri anda terus menerus mengalami flek coklat tanpa henti. Bisa jadi ada kelainan medis yang membuat anda harus berkonsultasi dengan dokter sesegera.

Satu hal lagi yang bisa dilakukan ketika muncul flek coklat dengan normal. Pertanda anda sedang mengalami ovulasi yang normal. Bagi anda yang merencanakan kehamilan, fase inilah yang disarankan untuk berhubungan intim dengan suami atau istri anda. Jadi, bisa disimpulkan tidak semua penyebab keluarnya flek coklat adalah penyebab-penyebab yang berbahaya. Tetapi juga bisa menjadi pertanda memprogram keluarga kecil anda dari pengamatan fase menstruasi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *