Categories
Resep

Bagaimanakah Tips Mengatasi Kue yang Tidak Mengembang?

Saya mau tanya, yang salah resepnya atau, saya yang membuatnya? Terima kasih. Bernita- Jakarta Selatan Ibu Bernita, Maksud Ibu mungkin bukan bersarang, tetapi bertekstur, ya? Cake dengan margarin dikocok tidak akan ber tekstur kalau pengocokan margarin kurang lama.

Dalam resep SAJI selalu disebutkan, pengocokan dilakukan 7 menit. Itu waktu yang ideal untuk membuat margarin lembut. Selanjutnya Ibu harus memasukkan telur dan tepung bergantian.

Kalau telur dimasukkan tidak bergantian, adonan akan pecah dan membuat cake tidak ber tekstur. Bila suka kue yang lebih bertekstur, bisa juga kuning dan putih telur dipisah. Kuning telur masuk ke margarin bergantian dengan tepung. Sementara putih telur dikocok terpisah, dimasukkan setelah tepung tercampur rata. Nah, silakan membuat kembali. Pasti sekarang lebih bagus hasilnya.

Baca Juga: Mencicipi Keripik Bawang

kebetulan saya punya teman yang ikut suaminya belajar di Jakarta. Ia meninggalkan kios ayam goreng di pasar. Saya dipersilakan menjual ayam goreng di kiosnya selama dia di Jakarta Saya sudah berjualan selama seminggu.

Masalahnya, saya punya kuah rebusan ayam yang banyak sekali yang sayang kalau dibuang. Padahal itu, kan, kaldu, sayang kalau dibuang. Nah, baiknya, kan, dimanfaatkan. Boleh kasih ide sebaiknnya diapakan? Terima kasih.

Titiek Sumarsih- Sukabumi Ibu Titiek, Kuah ayam goreng bisa dimanfaatkan jadi banyak masakan.

Kalau untuk dijual, jadikan rebusan tempe dan tahu goreng. Jual tempe dan tahu sebelum digoreng. Jeroan seperti babat, limpa, dan usus juga direbus di dalam kuah ayam ini. Kalau Ibu bisa menjual masakan berkuah, coba jual semacam buntil. Kuahnya tinggal ditambahkan santan. Masih ditambahkan santan, bisa juga dimasukkan tahu, telur puyuh, dan kentang. Nah, sekarang jualan Ibu makin variatif.

PISANG LEBIH MURAH

Saya kepingin berjualan Ontbijtkoek pisang yang pernah dimuat di SAJI, tetapi setelah dibikin dan dihitung, modalnya mahal. Rasanya memang enak. Tetapi saat berjualan, kan, tidak semua orang sadar akan falsafah ada uang ada barang. Semua pingin kue yang besar, enak, dan murah. Kalau resep itu tetap saya mau pakai, bagaimana caranya supaya harganya tetap murah? Terima kasih.

Memang keinginan pembeli selalu seperti itu. Murah, besar, dan enak. Sayangnya kue yang besar dan enak, pasti mahal. Untuk menyiasatinya, mungkin Ibu bisa melakukan hal berikut:

Mengecilkan ukuran. Ukuran yang kecil, bisa disiasati tampak besar. Misal dibuat lebar, tetapi pipih. • Dijual dalam par tai besar Jangan menjual eceran, tetapi dijual lagi kepada penjual lainnya. • Mengganti bahan yang paling mahal dengan bahan yang lebih murah. Misal, kalau pisang di sana mahal, coba ganti dengan bahan yang lebih murah. Misal, ubi. Nah, itu beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menekan harga. Tentu masih ada cara lain. Setelah mengamati pasar, pasti Ibu tahu apa yang harus dilakukan. Semoga berhasil.

KLAPERTART KUKUS

Saya Siti. Saya mau tanya, kalau membuat klapertart yang bahannya mudah didapat, sederhana, dan membuatnya praktis, bagaimana, ya? Apakah klapertart panggang bisa dimatangkan dengan cara dikukus?

Terima kasih. Siti Fatimah Reza Duri, Riau Ibu Siti, Resep klapertar t SAJI tidak pernah sulit dan ribet, kok. Bahannya pun mudah didapat. Membuatnya mirip seperti membuat vla. Tentu bisa dimatangkan dengan cara dikukus. Tetapi rasanya berbeda meski sama-sama enak. Selamat mencoba, ya, Bu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *