Categories
Home

Ubah Dapur, Proses Masak Makin Mudah

Setelah diperluas, aktivitas memasak di dapur pun jadi lebih nyaman. Memperluas dapur menjadi fokus utama saat merenovasi rumah yang berlokasi di kawasan Cakung, Jakarta Timur ini. Pemilik rumah merasa dapur yang dibuat oleh pengembang terlalu sempit. Sehingga, ruang gerak yang dibutuhkan saat melakukan aktivitas memasak jadi tidak bebas, senggol kanan-kiri. Untuk itu, pemilik rumah meminta Rudy Setiady, arsitek dan desainer interior dari Total Renovasi, untuk merenovasi dapur dengan cara memperluas dapurnya.

Baca juga : Jual Genset Bali

Selain memperluas ruang, sirkulasi udara juga tidak luput dari perhatian Rudy ketika mendesain dapur ini. Meski pintu dan jendela lama dibongkar, ia tetap membuat pintu dan jendela baru untuk tempat sirkulasi udara dan pencahayaan di dapur. Jendela dapur bermodel bukaan dua dipilih sebagai tempat keluarmasuknya cahaya dan udara. “Jadi ketika memasak, asap bisa langsung keluar.

Adanya kaca jendela juga membuat dapur jadi terang,” kata Rudy. Di samping sisi kenyamanan, unsur keindahan juga tidak luput diperhatikan. Mengambil konsep modern, dapur dirancang dengan desain yang simpel dan pilihan warna serba cokelatputih. Agar tidak monoton, dihadirkan aksen berupa keramik bertekstur yang dapat dilihat di bagian backsplashnya. “Kami memilih backsplash keramik yang bertekstur karena selain mempercantik tampilan dapur, keramik juga gampang perawatannya,” tutur Rudy.

Menambah Pembatas

Selain dapur, Rudy juga menambah partisi yang letaknya di antara ruang tamu dan ruang keluarga. Penambahan partisi ini untuk membuat batas antara ruang tamu dan ruang keluarga sehingga ruang keluarga terkesan lebih privat. Agar tidak terkesan masif dan mempersempit ruang, Rudy membuat partisi yang tidak solid. Partisi ini terbuat dari material kayu yang dirancang dengan desain berbentuk geometris.

Rudy menerangkan bahwa sang pemilik rumah memang tidak ingin banyak melakukan perombakan dari desain awal rumahnya. “Pemilik sudah nyaman dengan desain yang dibuat pengembang. Ia hanya ingin dibuatkan sedikit pembatas antara ruang tamu dan keluarga untuk memberi privasi,” kata Rudy yang mengaku menyelesaikan semua proses renovasi rumah ini dalam 1 bulan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *